Sejarah Perkembangan Komputer

1.Sejarah Perkembangan Komputer

Beribu-ribu tahun sebelum masehi, persoalan hitung menghitung sudah mulai dikenal oleh bangsa. Pada waktu itu belum ada pengertian tentang angka dan mereka belum mengenal tulis menulis seperti sekarang. Perhitungan-perhitungan yang dilakukannya juga masih sangat sederhana sekali, hal ini sesuai dengan kebudayaan mereka yang primitif. Misalnya, seorang kepala suku selalu mengantongi sejumlah kerikil. Jika malam telah tiba, sebelum warganya masuk ke gubuk, diperiksa apakah setiap kerikil tersebut ada pemiliknya. Jadi secara tidak disadari bahwa kepala suku melakukan suatu kegiatan hitung menghitung, walaupun dengan cara yang sederhana sekali.

Selanjutnya perkembangan alat menghitung dapat kita mulai dengan dikenalnya alat menghitung yang dinamakan ABACUS (sempoa)  didaratan Cina kira-kira pada tahun 2000 SM. Alat hitung ini kemudian dikenal juga oleh orang-orang di Timur Tengah dan bahkan sampai ke daratan Eropa.Bahkan sampai sekarang ini masih banyak orang yang menggunakannya.

Pada tahun 1617 John Napiar dari Scotlandia menemukan cara menghitung dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari 9 x 9 kolom masing-masing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang dikenal dengan nama NAPIER’S BONES.

Tahun 1621 ditemukan Slide rude yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.

Tahun 1642 Pascal seorang ahli matematika menciptakan mesin hitung mekanis yang kemudian dikenal dengan PASCAL’S ARITHMETIC MACHINE. Alat hitung ini menggunakan alat sederhana yang berupa lempengan-lempengan bundar yang mempunyai angka 0 sampai 9. Alat ini digunakan dengan memutar lempengan yang berisi angka-angka tersebut.

Tahun 1674 Gotfriend Leibnitz seorang Jerman menciptakan mesin hitung yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini kemudian dikenal dengan nama LEIBNITZ CALCULATION MACHINE.

Tahun 1812 seorang Perancis yaitu Charles Babbage berhasil menciptakan suatu jenis mesin hitung yang dinamakan BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin yang diceptakan Babbage ini telah menggunakan konsep yang ada pada komputer sekarang ini. Mesin ini juga mengenal semacam storage untuk menyimpan data. Mesin ini juga sudah sanggup melakukan perhitungan sederhana dalam Trigonometri dan logaritma secara automatis. Karena mesin ini mempunyai suatu storage atau tempat menyimpan maka mesin ini mampu menyimpan data atau hasil perkalian suatu operasi yang akan digunakan dalam operasi selanjutnya.

Tahun 1890 Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika Serikat menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini adalah merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah Komputer sehingga Herman Hollerith dijuluki sebagai Bapak Komputer modern.

Tahun 1944 Howard Aiken dari Heverd University yang bekerja sama dengan International Business Machines (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan serentetan operasi Aritmatika secara otomatis. Mesin ini di namakan MARK-I  dan dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan oleh manusia.

J. Presper dan John W. Mauchly dari University of Pensylvania merancang sebuah mesin komputer electronic yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integer and Calculator). Mesin yang melakukan operasi dengan cara electronic ini selesai pada tahun 1945. Kemudian kedua orang inipun mengembangkan suatu mesin komputer electronic yang menggunakan angka-angka binar (binary number) dalam operasi aritmatikanya. Mesin ini dinamakan EDVAC yang selesai pembuatannya pada tahun 1952. Pada tahun 1952 ini di Eropa juga di University of Cambridge telah ditemukan komputer yang sejenis yang diberi nama EDSAC.

Univac-I adalah komputer pertama yang diperdagangkan dan dijual oleh Remington Rand pada tahun 1949. Komputer ini dibuat oleh Eckert Maughly Computer Company pada tahun 1946. Untuk masa lebih kurang 5 tahun, jenis komputer ini sangat terkenal, hingga pada tahun 1953 komputer produksi IBM muncul seperti IBM-701, kemudian disusul oleh IBM-655 yang diproduksi tahun 1954.

Saat ini telah muncul banyak pabrik yang memproduksi Komputer, baik di daratan Eropa, Amerika, Blok Sosialis, Jepang dan banyak negara lain lagi yang telah sanggup membuat merek komputer. Sekarang banyak kita temui komputer dengan bemacam meek dan untuk bermacam-macam kegunaannya seperti IBM, RADIO SHACK, UNIVAC, TEXAS INSTRUMENT, NEWLWT PACKARD, NEC, APPLE, COMMODORE, CROMENCO dll.

Sumber :Suhyadi.1966.Pengenalan Komputer.Jakarta : Gunadarma

Leave a comment